BEKASI 24 JAM

Relokasi Terminal Kota Bekasi Menggunakan Lahan Swasta, Pembangunan Dimulai 2020

BEKASI, (PR).-  Pemerintah Kota Bekasi memastikan lahan pembangunan Terminal Baru Tipe A di Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Jatiasih, seluas lima hektare diperoleh dari pihak swasta. Sementara, pembangunan fisiknya akan dilakukan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek pada Kementerian Perhubungan.

"Rencana pembangunan sebetulnya sudah sejak tahun 2010. Tugas Pemkot Bekasi hanya mencari lahannya, sedangkan untuk fisiknya dari kementerian," kata Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah Kota Bekasi, Erwin Guwinda, Jumat, 19 April 2019.

Menurut Erwin, Pemkot Bekasi lebih memilih untuk memakai lahan milik perusahaan ketimbang melakukan pembebasan lahan. Lahan seluas lima hektare itu diberikan sebagai pertanggungjawaban sosial pengembang kepada Pemkot. Hal itu mengacu pada Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 16 tahun 2011 tentang Penyediaan dan Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Kawasan Perumahan, Perdagangan, dan Industri oleh Pengembang di Kota Bekasi.

Dalam bab III pasal 5 ayat (1) pada aturan itu disebutkan, luas lahan yang dapat dimanfaatkan untuk membangun PSU maksimal 65 persen dari luas lahan yang disetujui untuk PSU kawasan perumahan. Lalu luas lahan yang dapat dimanfaatkan untuk membangun sarana lingkungan adalah minimal 15 persen dari luas lahan yang disetujui untuk PSU kawasan perumahan.

"Kalau pembebasan lahan, kami terbentur anggaran, sehingga lebih memilih manfaatkan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum dari pengembang," katanya.

Logo Kota Bekasi/DOK. PR

Pembangunan terminal baru bisa dilaksanakan 2020

Ia mengatakan, pembangunan fisik yang menjadi kewenangan kementerian diprediksi baru bisa dilakukan pada awal tahun 2020. Sebab untuk tahun ini, kementerian sedang mematangkan dan meninjau kembali hasil FS dan DED yang diterbitkan pemerintah daerah pada 2010.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengatakan, pembangunan Terminal Baru Tipe A di wilayah setempat sangat mendesak. Sebab Terminal Tipe B yang ada saat ini di Jalan Cut Meutia Kecamatan Bekasi Timur seluas 1,2 hektare, dianggap sudah tidak layak digunakan melayani masyarakat.

"Kalau secara administrasi, Terminal Induk Bekasi saat ini merupakan tipe B, tapi dimanfaatkan layaknya terminal tipe A karena angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) masuk juga ke terminal," katanya.

Yayan menambahkan, kondisi Terminal Induk Bekasi yang ada saat ini juga sudah padat. Selain bus AKAP, terminal melayani juga angkutan perkotaan lainnya seperti mikrolet hingga bajaj. Atas dasar itulah, pemindahan terminal dari Bekasi Timur ke Jatiasih sangat tepat.

Menurut dia, selain memanfaatkan lahan dari pengembang, pemilihan lokasi terminal baru di Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Jatiasih juga karena berdekatan dengan Tol Jakarta Outer Ring Road. Posisinya sangat memudahkan angkutan umum jenis AKAP yang biasanya melintasi tol saat perjalanan.

"Pembangunan terminal di pinggir ruas tol juga untuk mengurangi beban jalan arteri yang biasa dilintasi oleh kendaraan besar seperti bus," katanya.***

Baca Juga:

TERKINI

Dua Rumah Ludes Terbakar di Medan Satria, Ini Kronologinya

MEDAN SATRIA - Dua rumah tinggal di Perumahan Titian Indah Blok L6, Kelurahan Kalib [...]

Mitsubishi Motors Pamerkan Xpander Cross di Bekasi

BEKASI - PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan varian terbaru dari Xpander di Mall [...]

Pizza Hut Golden City Bekasi Utara Jadi Gerai Ke-500

BEKASI - PT. Sarimelati Kencana Tbk. pemegang hak waralaba Pizza terbesar di Indonesia meluncurkan o [...]

Mabuk Lalu Ancam Pedagang, Anggota Ormas Ini Dibui

BEKASI - MA, salah satu anggota organisasi masyarakat (Ormas) ditangkap polisi setelah melakukan tin [...]

Punya Senjata Untuk Gaya-gayaan, Dua Pemuda Diamankan Polisi

BEKASI UTARA - Dua pemuda yang tinggal di Kavling Bulak Perwira, Bekasi Utara, haru [...]

Pembukaan Mixtime Kartini Disambut Antusias Oleh Pecinta Minuman Kekinian

BEKASI TIMUR - Mixtime membuka gerai barunya di Jalan Kartini Nomor 50, Margahayu, [...]

Dua Pria Tewas Usai Menenggak Miras Oplosan

BEKASI - Dua pria tewas usai menenggak miras oplosan di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi pada 28 Oktob [...]

Mulai 1 November, Tiga Rangkaian Kereta Api Jarak Jauh Berangkat Dari Stasiun Bekasi

BEKASI - Tiga rangkaian kereta api jarak jauh akan melayani pemberangkatan dari Stasiun Bekasi. Hal [...]

Truk Kontainer Terguling di Fly Over Kranji, Ini Kata Si Supir

BEKASI BARAT - Sebuah kontainer terguling di Jalan Sultan Agung, Kranji, Bekasi Barat, Kamis (31/10/ [...]

Cegah Vandalisme, Landmark Kota Bekasi Akan Dijaga Petugas

BEKASI - Landmark Kota Bekasi yang berada di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, mulai dilakukan penge [...]