BEKASI 24 JAM

11 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

BEKASI - Kendati terbilang cukup mudah dan ekonomis, faktanya tak sedikit orang yang sering mengabaikan manfaat jalan ini. Padahal, di balik kesederhanaannya, olahraga yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki yang baik untuk tubuh, di antaranya:

1. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat jalan kaki yang pertama adalah kemampuannya memperbaiki postur tubuh Anda. Selain terlatihnya otot kaki, jalan kaki juga melatih otot tubuh lainnya seperti seperti paha, perut, tangan, dan punggung. Bahkan, berjalan kaki juga menghindari Anda dari postur tubuh yang bungkuk.

2. Meningkatkan energi

Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga hanya aktivitas yang menguras energi. Padahal, dibalik aktivitas olahraga yang Anda lakukan, ternyata terdapat manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah pendongkrak energi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan olahraga bisa memompa darah secara lancar ke seluruh tubuh sekaligus memberikan tambahan suplai oksigen.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, sepertinya mendapatkan manfaat jalan kaki adalah pilihan termudah yang bisa dilakukan. Berjalan kaki dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin

Hormon ini bertugas untuk mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa mengurangi jumlah lemak pada perut.

4. Meningkatkan kinerja otak

Selain berguna untuk meningkatkan fungsi anggota gerak tubuh, manfaat jalan kaki lainnya juga memberikan pengaruh baik bagi otak. Mereka yang rutin berjalan kaki terbukti tidak mudah pikun. Saat berjalan kaki–ukuran hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.

5. Mengurangi gejala varises

Pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar kaki dan bertambahnya usia adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan varises. Agar varises tidak terjadi, salah satu caranya adalah mendapatkan manfaat jalan kaki. Jalan kaki harus dilakukan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

6. Menurunkan risiko penyakit kronis

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat jalan kaki setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20-40 persen. Selain itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa mereka yang berjalan 30 menit sehari memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah.

Tidak hanya stroke dan penyakit jantung, manfaat jalan pagi juga berguna untuk menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30 persen. Dengan berjalan kaki, Anda membuat otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa meningkat.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mereka yang jarang berolahraga tubuhnya akan dengan mudah terkena penyakit. Agar tubuh Anda mampu menangkal penyakit, cobalah untuk berjalan kaki minimal selama 30 menit. Manfaat jalan kaki ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

8. Menurunkan risiko demensia

Manfaat jalan pagi berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah menurunkan risiko demensia. Baik jalan cepat atau santai yang Anda lakukan secara rutin dapat membuat aliran darah ke otak menjadi lancar, menurunkan risiko penyakit pembuluh darah, dan menjaga fungsi otak di usia tua.

9. Mencegah osteoporosis
Pada umumnya, osteoporosis sering dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause. Namun osteoporosis juga bisa terjadi pada pria. Di Indonesia, kurangnya asupan kalsium diperkirakan menjadi penyebab osteoporosis.

Guna mencegah terjadinya osteoporosis, langkah termudah yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Berjalan kaki mampu mempertahankan kesehatan tulang.

10. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Salah satu kebiasaan yang kurang baik namun sering dilakukan banyak orang adalah tidak melakukan aktivitas apapun usai mengonsumsi makan-makanan berat. Berdiam diri usai makan berisiko menganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

Agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan maksimal, yang Anda perlukan hanya berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Manfaat berjalan kaki setelah makan lainnya adalah membantu menjaga kadar gula tetap stabil.

11. Membuat perasaan lebih baik
Salah satu cara yang cukup terkenal untuk membuat suasana hati lebih tenang adalah dengan mengonsumsi cokelat. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat jalan kaki memiliki efek yang sama seperti halnya mengonsumsi cokelat.

Mereka yang rutin jalan kaki akan mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik, sehingga menimbulkan rasa senang dalam diri. Manfaat jalan kaki akan lebih banyak Anda dapatkan apabila dilakukan bersama orang-orang yang Anda cintai.

Bagi Anda yang sedang mengalami stres, rutin berjalan kaki dapat mencegah dan mengurangi stres. Manfaat jalan kaki ini diperoleh karena tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik, serta mengurangi rasa cemas.

Nah, itulah beberapa manfaat jalan kaki yang bisa Anda dapatkan. Selain beberapa manfaat di atas, manfaat lainnya yang juga bisa didapatkan adalah mengurangi risiko terkena kanker. Manfaat jalan pagi ini dikaitkan dengan perbaikan metabolisme tubuh yang menghambat bertumbuhnya sel kanker seperti kanker usus besar, rahim, prostat dan payudara. (doktersehat.com)

Baca Juga:

TERKINI

Dua Rumah Ludes Terbakar di Medan Satria, Ini Kronologinya

MEDAN SATRIA - Dua rumah tinggal di Perumahan Titian Indah Blok L6, Kelurahan Kalib [...]

Mitsubishi Motors Pamerkan Xpander Cross di Bekasi

BEKASI - PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan varian terbaru dari Xpander di Mall [...]

Pizza Hut Golden City Bekasi Utara Jadi Gerai Ke-500

BEKASI - PT. Sarimelati Kencana Tbk. pemegang hak waralaba Pizza terbesar di Indonesia meluncurkan o [...]

Mabuk Lalu Ancam Pedagang, Anggota Ormas Ini Dibui

BEKASI - MA, salah satu anggota organisasi masyarakat (Ormas) ditangkap polisi setelah melakukan tin [...]

Punya Senjata Untuk Gaya-gayaan, Dua Pemuda Diamankan Polisi

BEKASI UTARA - Dua pemuda yang tinggal di Kavling Bulak Perwira, Bekasi Utara, haru [...]

Pembukaan Mixtime Kartini Disambut Antusias Oleh Pecinta Minuman Kekinian

BEKASI TIMUR - Mixtime membuka gerai barunya di Jalan Kartini Nomor 50, Margahayu, [...]

Dua Pria Tewas Usai Menenggak Miras Oplosan

BEKASI - Dua pria tewas usai menenggak miras oplosan di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi pada 28 Oktob [...]

Mulai 1 November, Tiga Rangkaian Kereta Api Jarak Jauh Berangkat Dari Stasiun Bekasi

BEKASI - Tiga rangkaian kereta api jarak jauh akan melayani pemberangkatan dari Stasiun Bekasi. Hal [...]

Truk Kontainer Terguling di Fly Over Kranji, Ini Kata Si Supir

BEKASI BARAT - Sebuah kontainer terguling di Jalan Sultan Agung, Kranji, Bekasi Barat, Kamis (31/10/ [...]

Cegah Vandalisme, Landmark Kota Bekasi Akan Dijaga Petugas

BEKASI - Landmark Kota Bekasi yang berada di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, mulai dilakukan penge [...]