Semur Jengkol. Foto : Istimewa.

BEKASI - Sebagian masyarakat pasti suka dengan makanan yang satu ini. Meski aromanya kurang sedap setelah dimakan, namun kelezatannya jika diolah dengan baik maka banyak dicari terlebih warga Bekasi.

 

Yup, Jengkol namanya. Makanan ini bisa diolah menjadi berbagai jenis, baik balado maupun semur. 

 

Kali ini kita lebih membahas jengkol dengan olahan semur ya guys. 

 

Bumbu khas semur adalah kecap manis yang dipadukan dengan aneka bumbu dan rempah lainnya, sehingga kuah kental semur berwarna coklat pekat. Begitu juga dengan resep membuat semur jengkol Betawi yang asli gurih mantap meskipun sederhana dan tanpa santan kali ini.

 

Mengolah semur jengkol memang butuh waktu lama. Karena jengkol butuh direbus supaya jika dimakan tekstur jengkol bisa empuk. 

 

Terlebih ada cara khusus untuk mengurangi bau jengkol dan kandungan racun dalam jengkol. Kamu bisa merebusnya berbarengan dengan daun jambu biji.

 

Langsung aja nih, berikut resep memasak semur jengkol :

 

Selain juga membantu menetralisir bau jengkol, beberapa aroma rempah yang digunakan dalam bumbu semur membuat masakan semakin sedap, bahkan kita juga dapat menambah cabai pedas untuk mendapatkan variasi rasa yang berbeda.

 

 

Bahan dan bumbu :

 

 

500 gram jengkol

1 batang serai digeprek

3 cm lengkuas digeprek

2 lembar daun jeruk

1 lembar daun salam

3 butir cengkeh

1/2 sdt pala bubuk

1/2 sdt garam

1/2 sdt lada bubuk (merica/sahang)

1/2 sdt kaldu bubuk

7 sdm kecap manis

350 ml air untuk kuah

Air secukupnya dan 16 lembar daun jambu biji/klutuk untuk rebusan jengkol

secukupnya minyak untuk menumis bumbu

 

 

Haluskan :

 

 

5 butir kemiri

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

6 buah cabe merah besar

 

 

CARA MEMBUAT SEMUR JENGKOL :

 

• Kupas kulit jengkol dan cuci bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya bersama 8 lembar daun jambu selama 60 menit. Buang daun jambu dan air rebusan pertama, ganti dengan air dan 8 lembar daun jambu yang baru lalu rebus kembali selama 60 menit hingga jengkol menjadi empuk.

 

• Angkat dan tiriskan jengkol, kemudian geprek-geprek namun tidak usah terlalu kuat hanya agar bumbu dapat meresap sempurna.

 

• Panaskan sedikit minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, cengkeh, lengkuas dan serai hingga harum. 

 

• Masukkan air dan jengkolnya serta aduk rata, setelah mendidih beri garam, pala, lada, kaldu bubuk dan kecap manis, aduk rata.

 

•Masak hingga kuah mengental dan agak surut, jangan lupa aduk sesekali agar matang merata.

 

• Angkat dari wajan kemudian semur jengkol sudah siap untuk disajikan.

 

Berita Terkait

Berlangganan