Slepetan Bekasi Klub (SBK).

BEKASI - Masih ingat dengan permainan ketapel atau biasa warga Bekasi menyebutnya slepetan?

Menurut Wikipedia, slepetan banyak digunakan untuk berburu hewan kecil seperti burung kecil atau capung, atau sekadar untuk bermain perang-perangan dengan teman sebaya di waktu masih anak-anak. Slepetan di Indonesia terdiri dari bahan kayu dan karet, karet yang digunakan biasanya berasal dari ban kendaraan bekas, sedangkan peluru yang digunakan biasanya batu kecil, atau karet gelang yang dibentuk bulat-bulat sehingga tidak melukai orang lain.

Kini, sekumpulan warga Bekasi, Jawa Barat, tengah melestarikan permainan itu. Mereka membentuk sebuah klub untuk menjadikan slepetan sebagai permainan yang dapat diperlombakan.

Ya, mereka menamakannya sebagai Slepetan Bekasi Klub (SBK). 

Ketua SBK, Endang mengatakan, jumlah anggota dalam klubnya hingga kini mencapai 50 orang. Secara resmi, diakuinya, SBK telah tercatat oleh Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) dibawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Awalnya komunitas ngumpul-ngumpul gitu sambil ingat kenangan jaman kecil. Waktu ke waktu dibentuklah SBK ini. Mulai kita daftarin, kan ada wadahnya Persatuan Ketapel Indonesia," kata Endang kepada bekasi24jam.com, Jumat (15/10/21).

"Anggotanya ada 50 orang, berasal dari Kota maupun Kabupaten Bekasi. Mulai dari 9 tahun sampai usia sepuh," lanjutnya.

Ia menjelaskan, praktik dalam olahraga serupa dengan panahan dan tembak. Cara bermainnya dengan mengincar satu benda atau spinner.

Meski terhitung baru, olahraga slepetan/ketapel ini telah masuk menjadi cabang yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Tradisional. Pada ajang itu, slepetan/ketapel berbarengan dengan olahraga lainnya seperti panahan, dan sumpit.

"Olahraga yang terhitung baru. Baru dilegalkan satu tahun lebih. Nah sekarang masuk ke Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional," lanjutnya.

Endang menambahkan, bagi warga yang ingin bergabung dalam SBK dipersilahkan untuk datang ke Sekretariat di Kampung Ciketing Rawamulya, Mustikajaya, Kota Bekasi. Atau informasi lengkapnya bisa lihat di Instagram @sbk_bekasi.

"Kita latihan tiap hari Jumat malam, Sabtu malam, dan Minggu pagi. Kalau yang malam tempat latihan di sekretariat kita. Kalau Minggu pagi itu kita latihan di sekitar Danau Cibereum," pungkasnya.

Berita Terkait

Berlangganan