Sejarah Hari Jomblo Sedunia 11 November

BEKASI - Setiap tanggal 11 November ditetapkan sebagai Single Day atau Hari Jomblo Sedunia. Hari Jomblo Sedunia 11 November 2021 semula disebut sebagai Ha Bujangan.

Hari Jomblo Sedunia semula adalah hari libur tidak resmi Tiongkok dan musim belanja yang merayakan orang-orang yang tidak menjalin hubungan. 

Tanggal 11 November dipilih lantaran angka 1 yang menyerupai tongkat telanjang, yang merupakan bahasa gaul internet Tiongkok untuk pria lajang yang tidak menambah 'cabang' dalam keluarga pohon.

Selain itu, empat angka 1 juga secara abstrak merujuk pada kelompok demografis orang lajang. Paradoksnya, hari raya tersebut telah menjadi tanggal populer untuk merayakan hubungan.

Karena, lebih dari 4.000 pasangan menikah di Beijing pada tanggal ini pada tahun 2011, jauh lebih besar dari rata-rata harian 700 pernikahan.

Sejarah Hari Jomblo Sedunia 11 November

Terdapat asal usul Hari Jomblo Sedunia. Yakni, Singles' Day, atau Bachelors' Day, berasal dari Universitas Nanjing pada tahun 1993.

Berita Singles' Day menyebar ke beberapa universitas lain Nanjing selama tahun 1990-an. Pada 11 November (11/11), terdiri dari empat 1, dipilih karena mewakili empat single.

Ada beberapa ide yang menjelaskan terciptanya festival Singles' Day.

Yang paling diterima secara luas adalah bahwa liburan tumbuh dari budaya asrama Universitas Nanjing.

Dilansir dari Wikipedia, terdapat satu cerita asal Single Day. Bahwa pada tahun 1993, empat mahasiswa laki-laki dari asrama Mingcaowuzhu (semua laki-laki lajang) Universitas Nanjing membahas bagaimana mereka dapat melepaskan diri dari menjadi lajang.

Kemudian, setuju bahwa 11 November akan menjadi hari acara dan event untuk menghormati menjadi Lajang.

Kegiatan ini menyebar ke seluruh universitas dan akhirnya menyebar ke masyarakat yang lebih luas. Penyebarannya meningkat dengan penggunaan media sosial, dan acara tersebut menjadi semakin populer dalam budaya dan masyarakat Tiongkok kontemporer.

Simak selengkapnya di sini 

Berita Terkait

Berlangganan