BEKASI 24 JAM

Relokasi Terminal Kota Bekasi Menggunakan Lahan Swasta, Pembangunan Dimulai 2020

BEKASI, (PR).-  Pemerintah Kota Bekasi memastikan lahan pembangunan Terminal Baru Tipe A di Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Jatiasih, seluas lima hektare diperoleh dari pihak swasta. Sementara, pembangunan fisiknya akan dilakukan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek pada Kementerian Perhubungan.

"Rencana pembangunan sebetulnya sudah sejak tahun 2010. Tugas Pemkot Bekasi hanya mencari lahannya, sedangkan untuk fisiknya dari kementerian," kata Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah Kota Bekasi, Erwin Guwinda, Jumat, 19 April 2019.

Menurut Erwin, Pemkot Bekasi lebih memilih untuk memakai lahan milik perusahaan ketimbang melakukan pembebasan lahan. Lahan seluas lima hektare itu diberikan sebagai pertanggungjawaban sosial pengembang kepada Pemkot. Hal itu mengacu pada Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 16 tahun 2011 tentang Penyediaan dan Penyerahan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Kawasan Perumahan, Perdagangan, dan Industri oleh Pengembang di Kota Bekasi.

Dalam bab III pasal 5 ayat (1) pada aturan itu disebutkan, luas lahan yang dapat dimanfaatkan untuk membangun PSU maksimal 65 persen dari luas lahan yang disetujui untuk PSU kawasan perumahan. Lalu luas lahan yang dapat dimanfaatkan untuk membangun sarana lingkungan adalah minimal 15 persen dari luas lahan yang disetujui untuk PSU kawasan perumahan.

"Kalau pembebasan lahan, kami terbentur anggaran, sehingga lebih memilih manfaatkan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum dari pengembang," katanya.

Logo Kota Bekasi/DOK. PR

Pembangunan terminal baru bisa dilaksanakan 2020

Ia mengatakan, pembangunan fisik yang menjadi kewenangan kementerian diprediksi baru bisa dilakukan pada awal tahun 2020. Sebab untuk tahun ini, kementerian sedang mematangkan dan meninjau kembali hasil FS dan DED yang diterbitkan pemerintah daerah pada 2010.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengatakan, pembangunan Terminal Baru Tipe A di wilayah setempat sangat mendesak. Sebab Terminal Tipe B yang ada saat ini di Jalan Cut Meutia Kecamatan Bekasi Timur seluas 1,2 hektare, dianggap sudah tidak layak digunakan melayani masyarakat.

"Kalau secara administrasi, Terminal Induk Bekasi saat ini merupakan tipe B, tapi dimanfaatkan layaknya terminal tipe A karena angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) masuk juga ke terminal," katanya.

Yayan menambahkan, kondisi Terminal Induk Bekasi yang ada saat ini juga sudah padat. Selain bus AKAP, terminal melayani juga angkutan perkotaan lainnya seperti mikrolet hingga bajaj. Atas dasar itulah, pemindahan terminal dari Bekasi Timur ke Jatiasih sangat tepat.

Menurut dia, selain memanfaatkan lahan dari pengembang, pemilihan lokasi terminal baru di Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Jatiasih juga karena berdekatan dengan Tol Jakarta Outer Ring Road. Posisinya sangat memudahkan angkutan umum jenis AKAP yang biasanya melintasi tol saat perjalanan.

"Pembangunan terminal di pinggir ruas tol juga untuk mengurangi beban jalan arteri yang biasa dilintasi oleh kendaraan besar seperti bus," katanya.***

Baca Juga:

TERKINI

Baterai handphone jadi lebih tahan lama dengan tipshack berikut ini

Bekasi - Pengguna smartphone pasti pernah mengeluhkan hal yang sama, apalagi kalo bukan masalah ba [...]

Sampah Bambu Sumbat Bendung Koja Sungai Cikeas

BEKASI - Tumpukan sampah bambu kembali menyumbat aliran Sungai Cikeas, Bendung Koja, Jatiasih, Kota [...]

Ini Jadwal KRL Tambahan Bekasi dan Cikarang Saat Tahun Baru 2020

BEKASI - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyiapkan beberapa layanan tambahan saat pergantian tah [...]

Polisi Gagalkan Peredaran Ganja 200 Kilogram di Kabupaten Bekasi

CIKARANG - Polres Metro Bekasi berhasil mengagalkan peredaran narkoba jenis ganja seberat 200 kilogr [...]

Uang Supir Truk Sedot WC Dicuri Pria Bertopi

BEKASI - Uang milik supir sedot WC sebesar Rp. 250 ribu dicuri. Peristiwa itu terjadi di Kavling Kab [...]

Yeay.. Alun-alun Kota Bekasi Direvitalisasi Tahun 2020

BEKASI - Kabar baik buat kalian yang sering nongkrong di Alun-alun Kota Bekasi. 

Rencan [...]

Saat Mancing Belut, Warga Temui Jasad Bayi Laki-laki di Dalam Kardus Berbalut Kain Putih

CIKARANG - Sosok jasad bayi ditemukan warga di Jalan Raya Kalimalang, Kampung Cibatu RT 009 RW 05, D [...]

Besok Siang, BMKG Prediksi Kota Bekasi dan Cikarang Diguyur Hujan Lokal

BEKASI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di Kota Bekasi dan Ci [...]

Langgar Pembatasan Kendaraan, 20 Truk Ditahan di Tol Jakarta-Cikampek

BEKASI - Sebanyak 20 truk ditahan di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Hal itu akibat puluhan truk melangga [...]

Intip Keindahan Taman Warna-warni di Cikarang

CIKARANG - Lahan kosong di Graha Asri, Jalan Cisang Giri Raya Jatireja, Cikarang Timur, Kabupaten Be [...]