Sejumlah petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/20).

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi melakukan rapid test covid-19 masif di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (25/3/20). Pada tahap awal ini diperuntukan untuk petugas medis.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, sebanyak 365 petugas medis yang akan dikerahkan untuk melakukan rapid test covid-19 masif secara door to door. Pemeriksaan rapid test covid-19 kepada petugas medis ini dinilai penting untuk memastikan kondisi dalam keadaan sehat.

"Sekarang yang kita ambil adalah tim kesehatan kita jadi kalau ada diduga ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kita pisahkan. Kita punya 365 tim kesehatan yang nanti akan di kirim ke tempat tempat yang terduga ke tempat yang terjadi interaksi yang memang sudah disusun sedemikian rupa dari 15 positif 240-an ODP dan PDP," kata Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (25/3/20).

Rahmat memastikan selama rapid test covid-19 ini berlangsung, identitas pasien akan dirahasiakan. Selain itu, untuk hasilnya akan dikirim secara online atau melalui pesan whatsapp pasien.

"Setelah ini mereka door to door mereka dateng bawa jarum jadi tidak perlu takut dan panik. Dan itu dirahasiakan. Nanti hasilnya kita kumpulin disini nanti yang negatif via online dan whatsapp. Untuk yang positif kita datengin kita ambil kalo bisa isolasi," lanjutnya.

Menurutnya, rapid test covid-19 ini ditargetkan rampung hingga Jumat ini. Pasalnya, hasil dari pelaksanaan rapid test covid-19 akan langsung di laporkan ke Gubernur Jawa Barat pada Sabtu (28/3/20).

Berita Terkait

Berlangganan