Petugas Satpol PP menertibkan bangunan semi permanen di atas kali Tanah Apit, Medan Satria, Kota Bekasi. Istimewa

BEKASI - Sebanyak 92 bangunan semi permanen di kali Tanah Apit, Kelurahan Medan Satria, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, digusur petugas Satpol PP, Kamis (9/9/21).

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas), Satpol PP Ade Rahmat mengatakan, penggusuran berjalan kondusif lantaran pihaknya telah melakukan sosialisasi sebelum melakukan penggusuran. Ade menjelaskan, penggusuran yang dilalaikan sempat terkendala oleh pandemi.

"Nah kebetulan karena covid jadi waktu diundur lagi undur lagi, perpanjangan lagi terus. Nah sekarang situasi sudah landai khususnya di Kota Bekasi makanya kita lakukan penertiban hari ini," terang Ade di lokasi kejadian.

Ade mengatakan, sebanyak 286 personil gabungan dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 05/07, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Perum Kasa Tirta (PJT ll) diterjunkan ke lokasi untuk menertibkan bangunan yang ada diatas kali.

"Awalnya ini kan tanah pengairan, kemudian terjadi banjir. Makanya sekarang kita lakukan tahap awal, tahap awalnya saluran dulu kita rapihkan. Mungkin nanti ke depan termasuk saluran air yang dibelakang," katanya di lokasi pengusuran.

Menurut Ade, pihaknya mengijinkan pedagang yang terkena gusur untuk dagang dilahan yang masih tersisa, namun tidak diatas aliran kali.

"Kalau memang masih ada lahan dibelakang ini silahkan. Yang pasti yang di atas saluran air 4 meter ini harus air bisa ngalir terus sampai ujung", jelasnya.

Berita Terkait

Berlangganan