Lapas Kelas 2A Bekasi menggelar simulasi penanganan dan pencegahan kebakaran (15/9/21). Istimewa

BEKASI - Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2A Bekasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, menggelar simulasi penanganan dan pencegahan kebakaran, Rabu (15/9/21). Simulasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran pasca terjadi di Lapas kelas 1 Tanggerang.

Kepala Lapas Kelas 2A Kota Bekasi, Hansen mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memberikan kemampuan bagi para sipir dalam upaya mengevakuasi warga binaan dan menjinakkan api kebakaran jika sewaktu-waktu terjadi. 

“Tujuan dari itu tidak lain untuk melatih kesigapan petugas kami apabila terjadi bencana kebakaran, terus tujuan yang kedua mencegah dari kebakaran tersebut. Supaya kalau terjadi kebakaran antisipasinya cepat, sehingga tidak terjadi korban jiwa dan korban materi yang banyak,” katanya saat melakukan simulasi.

Selain itu, lanjut Hensen, pihaknya juga meminta Dinas Kebakaran Kota Bekasi untuk menganalisa kondisi Lapas Kelas 2A Bekasi untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Mulai dari sarana prasaranya, soal airnya bagaimana kalau terjadi kebakaran, akses masuknya, semuanya dianalisis,” jelasnya.  

Dalam kegiatan ini, petugas pemadam kebakaran memberikan praktek mengenai cara pengguna alat pemadam kebakaran agar petugas lapas turut memahami dan menguasai alat yang harus dipergunakan. (MSL)

Berita Terkait

Berlangganan