Polres Metro Bekasi Kota tangkap oknum ormas penghina suku Betawi. Istimewa

BEKASI - Polres Metro Bekasi Kota meringkus oknum ormas berinisial VLL (50) yang viral di media sosial karena menghina suku Betawi dan pribumi beberapa hari lalu.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Aloysius Supriyadi mengatakan, pelaku VLL ditangkap saat sedang berkaraoke di wilayah Slawi, Jawa Tengah.

“Yang bersangkutan dilakukan pengejaran, polisi mencari informasi kemudian akhirnya sampai ke Slawi, yang bersangkutan diamankan ketika sedang berkaraoke,” kata Kapolres, Senin (19/10/21).

VLL ditangkap oleh Polisi akibat umpatannya yang viral di media sosial karena menghina suku Betawi dan Pribumi pada 13 Oktober 2021 lalu.

Umpatan mengandung SARA itu dilontarkan pelaku saat sedang mengintrograsi seorang pemuda yang tertangkap masuk proyek gorong-gorong yang dijaga oleh pelaku.

Hal itu memicu kemarahan sejumlah ormas dan tokoh Betawi hingga melaporkannya ke Polres Metro Bekasi Kota.

Usai dilaporkan, pelaku kemudian melarikan diri dari rumahnya di Bulak Kapal Bekasi dan berhasil diamankan polisi di daerah Slawi.

Akibat dari ungkapan SARA yang dilakukanya, pelaku dikenakan Pasal 335 KUHP kemudian pasal 16 juncto pasal 4 UU RI nomor 40 tahun 2008 dengan ancaman hukumannya 5 tahun kurungan penjara. (MSL)

Berita Terkait

Berlangganan