Tumpukan sampah penuhi aliran kali Cikarang, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi. Istimewa

BEKASI - Tumpukan sampah memenuhi aliran kali Cikarang, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Senin (25/10/21). Sampah tersebut mengular panjang sejuah 1 Kilometer.

Menurut Mamat, warga di sekitar bantaran kali Cikarang mengatakan, sampah tersebut telah menumpuk sejak beberapa hari lalu akibat terbawa arus air saat hujan turun.

“Sebulan yang lalu dinormalisasi, lalu masuklah sampah ini dari Kali Jati sana Cikarang. Kemarin pas hujan sampah ini kebawa numpuk di pintu air pintu air,” katanya di sekitar bantaran kali Cikarang, Senin (25/10/21).

Mamat mengatakan, selain sampah rumah tangga, aliran kali juga dipenuhi oleh pohon eceng gondok, batang kayu, dan bambu. Bahkan tak jarang ia menemukan bangkai hewan di aliran kali.

“Di sini gak cuka ada bangke hewan, bahkan (airnya) mengandung kimia yang mengganggu kesehatan warga,” katanya.

Ia mengaku sangat terganggu dengan adanya sampah yang memenuhi aliran kali ini. “Sangat terganggunya, siang kita ada baunya, apalagi malam banyak nyamuk,” ujarnya.

Warga di sekitar berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi segera mengambil tindakan untuk membersihkan sampah yang dikhawatirkan menjadi sumber penyakit ini. (MSL)

Berita Terkait

Berlangganan