Director BMW Group Indonesia, Jodie O'tania (kanan) bersama Ariefin Makaminan, Vice President BMW Group Indonesia (tengah) dan Mr Ryuta Umayahara, Vice President Director Indomobil Sompo Japan (kiri). IST

BEKASI – BMW Group Indonesia meresmikan Autoglad sebagai bengkel perbaikan cat dan bodi pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi global untuk perbaikan kendaraaan BMW dan MINI, “Accredited BMW – MINI  Bodyshop”.  Bengkel tersebut telah dilengkapi dengan teknologi dan sistem paling mutakhir untuk menjamin ketepatan perbaikan dan kemudahan untuk pelanggan.

Bengkel yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter persegi dengan kapasitas perbaikan mobil hingga 250 unit perbulannya itu berada di Jalan Raya Pekayon No 25, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengatakan, kenyamanan dan kepuasan pelanggan merupakan fokus dari BMW Group Indonesia. Hal itu mencakup dari proses pembelian, perawatan hingga perbaikan kendaraan.

“Untuk itu hari ini kami resmikan Autoglad sebagai BMW dan MINI Bodyshop terakreditasi pertama di Indonesia. Semua layanan, teknologi, cat yang digunakan, lokasi dan tenaga ahli dimonitor langsung oleh departemen khusus di BMW AG. Para pelanggan BMW dan MINI khususnya di wilayah Bekasi, Jakarta Timur, dan sekitarnya, saat ini dapat lebih mudah untuk mendapatkan layanan perbaikan kendaraannya dengan standar global BMW dan MINI,” kata dia dalam sambutannya.

Akreditasi tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas, keamanan dan peace of mind pelanggan serta untuk menjaga integritas dan nilai masa depan kendaraan BMW dan MINI.

Bengkel yang telah mendapatkan akreditasi “Accredited BMW – MINI  Bodyshops” ini memiliki teknisi khusus yang terlatih dan mengikuti Virtual Reality Training,  peralatan diagnostik terbaru, dan menggunakan suku cadang asli BMW dan MINI dalam operasionalnya.

Bengkel itu juga menggunakan material cat dari BMW Approved Paint Supplier dan turut disempurnakan dengan aplikasi Carbeat Workshop Management System yang didukung oleh AkzoNobel.

Vice President Customer Support BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan mengungkapkan, Autoglad resmi bekerja sama sebagai bengkel perbaikan cat dan bodi pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi global untuk kendaraan BMW dan MINI setelah melalui proses akreditasi selama 2 tahun.

“Setelah melalui proses akreditasi selama 2 tahun, akhirnya hari ini kami dapat resmikan kerja sama kami dengan Autoglad sebagai bengkel perbaikan cat dan bodi pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi global untuk perbaikan kendaraan BMW dan MINI. Dengan terdaftar sebagai “Accredited BMW – MINI  Bodyshops”. Autoglad hadir sebagai referensi utama pelanggan BMW dan MINI untuk memperbaiki kendaraan mereka. Program ini dibuat untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan dan menjaga nilai masa depan kendaraan BMW dan MINI mereka. Kedepannya, program akreditasi ini akan dikembangkan jangkauannya, hingga memiliki jaringan nasional,” ujarnya.

Ryuta Umayahara, Vice President Director Indomobil Sompo Japan juga turut menyampaikan apresiasinya atas peresmian tersebut.

“Acara hari ini perlihatkan kesungguhan kami di Autoglad untuk menjadi bengkel perbaikan Cat dan Bodi paling inovatif di Indonesia. Proses akreditasi “Accredited BMW – MINI  Bodyshops” juga memberikan pengalaman dan ilmu yang dapat kami gunakan untuk mengembangkan kualitas layanan dan hospitality dari Autoglad kedepannya. Mewakili Indomobil Sompo Japan, kami ucapkan apreasiasi sebesar-besarnya kepada BMW Group Indonesia yang mempercayakan Autoglad sebagai “Accredited BMW – MINI  Bodyshops” pertama di Indonesia,” katanya.

Dengan visi untuk memberikan layanan dengan proses perbaikan yang tepat dan benar dan sesuai standar pabrikan alias Original Equipment Manufacturer (OEM), Autoglad hadir dengan teknologi perbaikan cat dan bodi dari Jepang.

Selain perbaikan bodi mobil tingkat berat, Autoglad juga menerima perbaikan kerusakan-kerusakan kecil dengan teknik SMART (Small – Medium Area Repair Technique) yang menawarkan keunggulan efisiensi waktu dan biaya. Kemudian, selain perbaikan cat, Autoglad juga memiliki layanan khusus seperti Aluminium Working Bay untuk perbaikan kendaraan dengan komposisi material aluminium yang dominan dan Paintless Dent Removal untuk memperbaiki cacat pada permukaan kendaraan secara cepat dan tidak memerlukan perbaikan cat.

Diketahui, autoglad yang berdiri pada 2017 lalu merupakan perusahaan joint-venture yang didirikan oleh PT Indobuana Autoraya dan SOMPO Holdings Inc.(SOMPO ホールディングス株式会社).  

Pada acara peresmian “Accredited BMW – MINI  Bodyshop” ini, perwakilan dari setiap shareholders turut hadir. Mulai dari BMW Group Indonesia yang diwakili Jodie O’tania, Director of Communications, BMW Group Indonesia dan Ariefin Makaminan, Vice President Customer Support, BMW Group Indonesia, perwakilan dari SOMPO Holdings Inc., Eric Nemitz, President Director, Sompo Insurance Indonesia, Tatsuya Kuroki, Vice President Director, Sompo Insurance Indonesia, dan Hiroki Waki, Director Sompo Insurance Indonesia. Turut juga hadir perwakilan dari Indomobil, Susilo Darmawan, Presiden Director Indomobil Sompo Japan dan perwakilan dari Indomobil Sompo Japan – AutoGlad; Ryuta Umayahara, Vice President Director Indomobil Sompo Japan, Budi Sujanto, Director Indomobil Sompo Japan, dan Norikazu Maruya, Director Indomobil Sompo Japan. Sebagai BMW Approved Paint Supplier, perwakilan AkzoNobel juga turut hadir, Ummi Rahmawati, Country Sales Manager Indonesia, AkzoNobel.

BMW Approved Bodyshop

Sejak 2019 BMW Group telah memperkenalkan konsep BMW Approved Bodyshop. Tujuannya yakni menghadirkan standar global untuk perbaikan body dan cat kendaraan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan proses perbaikan dan efisiensi serta kualitas.

Pada awal tahun 2021, BMW Group telah memperbarui pedoman BMW Approved Bodyshop global untuk memastikan persyaratan lokal di Indonesia bisa terpenuhi.

Tentu dengan pedoman terbaru ini BMW dan MINI Bodyshop yang dimiliki oleh diler resmi BMW atau MINI harus melalui proses audit yang ketat agar tetap mendapatkan tingkat sertifikasi yang sudah ditentukan. Selain itu, untuk dapat melayani pelanggan di seluruh Indonesia, BMW Group Indonesia juga bekerjasama dengan Bodyshop independen yang dapat memenuhi standar global BMW Group dengan sertifikasi “Accredited BMW – MINI Bodyshop”, dan Autoglad menjadi Bodyshop independen pertama dalam hal ini.

Ada tiga tingkat sertifikasi dalam hal kualifikasi perbaikan bodi dan cat kendaraan BMW dan MINI. Yang pertama adalah BMW dan MINI Approved Bodyshop, yang disediakan oleh Diler Resmi BMW/MINI; yang kedua, diperkenalkan hari ini, yaitu “Accredited BMW – MINI Bodyshop”; dan yang ketiga adalah reparasi independen yang direkomendasikan oleh BMW dan   ditujukan untuk melakukan perbaikan yang hanya bersifat kosmetik dan berlaku untuk wilayah diluar Jabodetabek. Sertifikasi merupakan jaminan kepada pelanggan BMW dan MINI dalam hal kualitas. Selain itu memungkinan BMW dan MINI Bodyshop untuk hadir lebih dekat dan akses mudah untuk pelanggan.

Berita Terkait

Berlangganan