BEKASI - Ratusan kendaraan ditilang pada hari pertama Operasi Zebra Jaya 2021. Selain itu, juga terdapat ratusan pengendara yang mendapatkan teguran.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 775 kendaraan yang ditilang dan ditegur.

"Sebanyak 489 kendaraan ditindak tilang dan 286 kendaraan ditegur," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, Selasa (16/11/2021) dilansir dari laman Polri.go.id.

Dia menerangkan, penindakan dilakukan karena pengendara tersebut membahayakan pengendara lain. "Banyaknya lawan arus, tidak menggunakan helm, TNKB tidak dipasang di belakang," ujarnya.

Argo menambahkan, kendaraan yang paling banyak melakukan pelanggaran pada hari pertama Operasi Zebra Jaya 2021 adalah sepeda motor. 

Operasi Zebra Jaya digelar selama 14 hari mulai tanggal 15-28 November 2021. Operasi akan menitik beratkan pada pemberian edukasi masyarakat agar sadar dalam budaya berkendara.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan untuk menindak kendaraan yang mengenakan strobo dan sirene dalam Operasi Zebra Jaya 2021 ini. Tindakan dilakukan dengan memberikan edukasi pada pengendara.

"Strobo dan sirene di titik-titik kemacetan kemudian ada kelompok-kelompok atau oknum yang suka gunakan strobo dan sirene untuk terobos kemacetan juga akan kami tindak," katanya.

Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 3.070 personel dalam Operasi Zebra Jaya 2021. Personel akan melakukan operasi secara mobile menyasar sejumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Berita Terkait

Berlangganan