Foto : Ilustrasi / Pixabay

BEKASI - Terhitung setahun lebih pandemi Covid-19 di Indonesia berlangsung. Kondisi ini membuat banyak aktivitas kita di ruang publik menjadi terbatas. 

Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, kebugaran tubuh harus tetap dijaga. Salah satunya adalah melakukan aktivitas olahraga ringan di rumah. 

Namun apakah aman berolahraga di tengah pandemi Covid 19?  WHO sangat menganjurkan untuk berolahraga selama kurang lebih 15 hingga 30 menit dengan terpapar oleh sinar matahari yang terdapat vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh otak dan syaraf. 

Itulah mengapa, kamu sangat perlu memikirkan opsi untuk tetap bisa berolahraga sembari melakukan aktivitas di rumah. Dengan berolahraga, kamu juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur kamu lho.
Berikut ini 5 olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah saat pandemi Covid-19. 

1. Lompat tali
Jenis olahraga yang juga dikenal dengan nama skipping ini dapat dilakukan dengan cara melompat dan melakukan dalam waktu 15-20 menit bisa membakar kalori secara efektif. Kamu juga tidak memerlukan persiapan yang terbilang mahal untuk melakukan olahraga ini, 

2. Yoga
Sapa sih yang nggak kenal olahraga yang satu ini, olahraga yang cukup diminati. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Apalagi, di saat pandemi berlangsung kamu juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi, jadi nggak ada tuh halangan buat kamu terus-terusan merasa malas dan bosan di rumah. Waktu yang dilakukan paling tidak 60-90 menit, yang terpenting adalah konsistensi bukan waktunya. 

3. Sit Up dan Push Up
Olahraga yang paling sederhana, tetapi harus dilakukan dengan cara yang benar. Gerakan ini bisa dilakukan di ruangan rumah kamu, salah satu manfaatnya bisa mengecangkan otot-otot perut kamu yang kendur tuh, hehe. Paling tidak lakukanlah secara rutin. 

Selain pilihan di atas, kamu bisa juga berolahraga di luar rumah sesekali seperti joging. Namun tentu olahraga di tengah pandemi harus selalu memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah untuk pencegahan virus corona. 

Ingat, pandemi bukanlah halangan untuk berolahraga jangan sampai karantina ini membuat kamu jadi malas-malasan, ya! Lakukanlah olahraga rutin dan jangan lupa terapkan pola makan sehat dan tidur cukup agar sistem imun kamu cukup kuat. (Nabiila Putri Caesari/bekasi24jam)

Berita Terkait

Berlangganan