Kondisi Sungai Cilemahabang, Cikarang. Foto : Istimewa.

BEKASI - Seorang pelaku pencemaran limbah ilegal ke Sungai Cilemahabang berhasil ditangkap. Namun, Pemerintah Kabupaten Bekasi belum mengumumkan identitas oknum yang tertangkap tangan tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, pihaknya akan membeberkan identitas oknum itu setelah perkara hukum dinyatakan selesai. 

"Setelah gelar perkaranya selesai, akan diumumkan. Mudah-mudahan minggu-minggu ini,” kata Dani, dikutip bekasi24jam.com, Selasa (12/10/21).

Sejauh ini, lanjut Dani, bakal secara ketat melakukan pengawasan agar tidak ada lagi insiden pencemaran limbah industri ke aliran sungai. 

Namun dalam proses pengawasan, Pemkab Bekasi melibatkan tim dari Pengawasan dan Penataan Hukum (PPH) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

"Kemudian juga harus melakukan pengawasan karena petugasnya sangat terbatas maka mendatangkan tim dari PPH Dinas LH Provinsi,” ujarnya. 

Dani mengatakan, dari hasil pengamatan di lapangan, ditemukan banyak titik-titik indikasi pencemaran.

“Setelah diagendakan kita masih melakukan pengawasan sampai akhir Oktober ini,” tambahnya. 

Pengawasan tersebut dinilai penting untuk mencari bukti kuat para pelaku pencemaran limbah tersebut. "Kami ingin mencari bukti kuat mencari eviden/bukti pelanggaran lebih absah,” tandasnya.

 

Berita Terkait

Berlangganan