BEKASI - Tiga perahu See Hamster mulai beroperasi di Kali Bekasi, Jawa Barat. Perahu buatan Jerman ini bertujuan untuk pembersih Kali Bekasi dari sampah-sampah.

BEKASI - Tiga perahu See Hamster mulai beroperasi di Kali Bekasi, Jawa Barat. Perahu buatan Jerman ini bertujuan untuk pembersih Kali Bekasi dari sampah-sampah.

"Perahu pembersih sungai See Hamster bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan sampah dari kali di Kota Bekasi dengan cara mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah yang ada," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Senin (15/11/22).

Menurutnya, tiga perahu See Hamster inovatif ini memilik mekanisme yang berbeda-beda. See Hamster pertama memiliki ramp yang berfungsi untuk menarik sampah dari badan air dan batas sungai.

"See Hamster kedua dilengkapi dengan keranjang yang dapat naik-turun dan berfungsi untuk menahan serta mengumpulkan sampah saat perahu berjalan. See Hamster ketiga memiliki conveyor belt yang dapat menarik sampah secara otomatis dari badan air," lanjutnya.

Lanjutnya, ketiga perahu See Hamster bekerja secara sinergis dan saling melengkapi. Semua perahu berjalan dengan daya panel surya sehingga menjadi sistem yang ramah lingkungan dan bebas emisi karbon. 

Perahu-perahu See Hamster ini memiliki kapasitas pengumpulan 50 - 300 kg sampah per hari dan nantinya diharapkan dapat mengurangi jumlah timbulan sampah di sungai.

Peresmian fasilitas pengelolaan sampah Kali Bekasi ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Project Manager BRIC, Dr. Harald Frank, dan Managing Director Waste4Change, Mohamad Bijaksana Junerosano.

Berita Terkait

Berlangganan