BEKASI—Lama tak muncul di layar kaca dan media sosial, tiba-tiba Aliando Syarief mengejutkan para penggemarnya dengan melakukan siaran langsung melalui akun instagram pribadinya @aliandooo, Kamis (27/01/2022).

Sempat dikira vakum biasa, tak disangka ternyata aktor pemain sinetron Ganteng-Ganteng Serigala itu menderita penyakit gangguan mental berupa OCD ekstreme.

Dikutip dari Klikdokter bahwa Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan suatu gangguan perilaku kronis yang dimana menyebabkan penderitanya tidak memiliki kontrol atas pikiran-pikiran obsesifnya dan perilakunya yang kompulsif atau berulang-ulang. Gangguan OCD ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami tingkat kecemasan yang berlebih.

Untuk menghentikan perasaan cemasnya, penderita harus melakukan ritualnya. Siklus OCD ini dapat menyita waktu penderita sampai berjam-jam sehingga mengganggu aktivitas normal mereka.

Kabar mengenai kondisinya diungkapkan langsung melalui siaran langsung instagramnya.

“Jadi OCD-nya cukup ekstreme, harus berantakan, tapi berantakannya itu tertata. Misalkan, gua mau buang sampah, gak bisa. Karena kalau gua mau berusaha bersih, pas mau buang sampah, langsung muncul delusi. Mau gak mau harus ditaro di tempat yang dekat dengan gua berdiri, tapi harus tertata. Berantakan tapi harus tertata,” ungkap Ali.

“Yang biasanya OCD itu bersih, tapi kalau gua OCD ekstrem. Jadi, justru sebaliknya, agak lebih kotor,” tambahnya. “Jadi, gua berjuang untuk bersih. Doain ya, teman-teman, semoga OCD gua cepat selesai dan bisa balik lagi ke layar kaca.”

 Aliando mengabarkan bahwa dirinya mengidap OCD ekstreme pada tahun 2019. Namun sebelum itu, Aliando pun juga mengakui bahwa sejak kecil pun dia sudah mengidap OCD, namun tak begitu parah.

“Sebenarnya kelas 2 SD sudah pernah kena OCD, terus selesai. Karena gua pikir, jiwa kita tuh lebih besar daripada penyakit itu. Tapi pas umur 25 ini, gak tau kenapa OCD-nya jadi makin parah,” ujarnya.

 Penyakit ini membuatnya seperti berperang dengan pikirannya sendiri. Ia harus melawan dan berjuang dari pikiran-pikirannya yang mengganggu tersebut.

Ia juga ditanya soal kemungkinan untuk menyakiti diri sendiri. Ali sendiri pun tak berpikiran seperti itu. “Nyakitin diri sendirih sih nggak,” tuturnya.

Gangguan OCD tersebut membuat Aliando Syarief harus mundur dari proyek sinetron terbarunya dan tidak menerima proyek lain untuk sementara waktu. Gangguang OCD ini membuatnya sulit melakukan aktivitas. Bahkan, Ali pun sempat mengungkapkan bahwa untuk mandi pun dia membutuhkan perjuangan yang sangat besar.

“Kalau liburan, gak bisa dulu. Untuk mandi aja gua gak bisa lho. Mandi itu susah. Kayak mau jalan terus naik mobil atau mau ngambil barang itu susah,” ucap Aliando. “Mandi sih mandi, tetap. Tapi mandinya tuh butuh perjuangan,” sambungnya.

Hilangnya Aliando dari dunia entertainment bukan bagian dari strategi bisnis atau hal semacamnya. Ia menegaskan bahwa ia sedang berjuang untuk kesembuhannya. Aliando sengaja ingin memberitahu langsung kepada publik mengenai kondisinya, agar tidak muncul rumor aneh yang tak berdasar.

"Mungkin kalau misal ada yang sampai bertanya 'Ini si Ali kemana sih? Maksudnya ini jual mahal nih? Oh ini strategi bisnis nih biar nanti kalau ketemu wah' gitu kan, maksudnya ya gue enggak peduli gitu-gitu ya," ucap Aliando.

"Di sini gue punya informasi bahwa kalau gue langsung yang ngomong ya gue kena OCD dan gue harus punya terapi beberapa tahun, setahun lebih makannya gue kenapa harus putus di Keajaiban Cinta atu proyek yang kemarin di sinetron, jadi ya harus di sini," sambungnya.

 Ali mengatakan bahwa kondisinya masih butuh pemulihan. Saat ini Ali sedang melakukan terapi demi menjaga mentalnya. Ali pun mengakui bahwa bermain musik adalah salah satu metode pengobatannya.

Para penggemar Aliando tentu saja kaget mengetahui soal kondisinya. Meskipun terlihat baik, namun mereka masih khawatir dengan kondisinya.

“Semangat terus, Abang!”

“Semoga cepat sembuh ya, Bang!”

“Semoga bisa segera pulih dan come back ke layar kaca lagi,” tulis para penggemarnya melalui kolom komentar live instagram.

Yuk, teman-teman, kita doakan semoga Aliando Syarief bisa segera pulih dan bisa kembali beraktivitas normal!

 

Sumber: Live Instagram Aliando Syarief

Berita Terkait

Berlangganan